Pentingnya Pengkajian Kebutuhan Pelatihan

Oleh:

Drh. Sumarno, MM

Widyaiswara Madya PPMKPCiawi

ABSTRAK

Sumarno. Pentingnya Pengkajian Kebutuhan Pelatihan. 2014.

Pengkajian kebutuhan pelatihan merupakan proses untuk menentukan penyebab penyakit organisasi, tingkat atau luas keparahannya, serta obat yang pas untuk menyembuhkannya.

Pengkajian kebutuhan pelatihan mempunyai banyak manfaat yaitu: 1) Menentukan apakah pelatihan dibutuhkan atau tidak, 2) Menentukan isi dan skup pelatihan, 3) Menentukan hasil yang ingin dicapai melalui pelatihan, 4) Merupakan basis untuk pengukuran, 5) Memenangkan dukungan manajemen.

Orang-orang yang akan dikaji bergantung pada sasaran dan kedalaman yang diinginkan dari kegiatan pengkajian kebutuhan. Pertimbangannya adalah: 1) Manajemen tingkat atas akan dikaji bila dibutuhkan kejelasan visi, misi dan nilai, 2) Populasi calon peserta pelatihan yang perlu dilibatkan, 3) Atasan langsung calon peserta yang perlu dikaji, 4) Para pimpinan dimana calon peserta memperoleh pemahaman tentang hubungan satu kerjaan dengan yang lain.

Langkah-langkah yang sebaiknya dilakukan untuk mengkaji kebutuhan pelatihan: 1) Mengidentifikasi masalah atau kebutuhan, 2) Menentukan Desain Pengkajian Kebutuhan, 3) Mengumpulkan data, 4) Analisa data, 5) Memberikan umpan balik.

[divide]

Neraca 2012 (51.3 KiB, 98 downloads)

Follow PPMKP :

Berita

Facebook

Menu Diklat