Diklat Prajabatan Gol. III

Diklat Prajabatan Gol. III

Pengertian dan Dasar Hukum

Pengertian
Diklat Prajabatan Golongan III merupakan syarat bagi CPNS untuk diangkat menjadi PNS Golongan III. Diklat ini dilaksanakan untuk membentuk sosok PNS yang profesional yakni PNS yang memiliki karakter yang terbentuk oleh nilai dasar profesi PNS sehingga ia mampu melaksanakan tugas dan perannya secara profesional sebagai abdi negara dan pelayan masyarakat.

Pelaksanaan Diklat Prajabatan di PPMKP berlandaskan dasar hukum sebagai berikut:

  1. Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000 tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri Sipil.
  3. Peraturan Presiden Nomor 45 Tahun 2015 tentang Kementerian Pertanian.
  4. Peraturan Menteri Pertanian Nomor 43 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pertanian.
  5. Peraturan Menteri Pertanian Nomor 100 Tahun 2013 tentang Organisasi dan Tata Kerja Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian.
  6. Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 15 Tahun 2015 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan III.
Persyaratan Peserta Diklat Prajabatan Golongan III

  1. Telah ditetapkan sebagai CPNS oleh Pejabat Pembina Kepegawaian instansinya;
  2. Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah;
  3. Surat Penugasan dari Pejabat Pembina Kepegawaian instansinya;
  4. Surat Pernyataan untuk mematuhi ketentuan yang berlaku dalam penyelenggaraan Diklat Prajabatan.
Fasilitator

Fasilitator kegiatan Diklat Prajabatan terdiri atas Penceramah dan Pengajar.

  1. Penceramah
Penceramah pada Diklat Prajabatan Golongan III memiliki kompetensi untuk memberikan wawasan pengetahuan dan/atau sharing experience.
  • - kemampuan dalam pengelolaan pembelajaran yang diindikasikan dengan kualifikasi, pengalaman dan keahlian pada program diklat Prajabatan Golongan III.
  • - kemampuan dalam penguasaan substansi mata Diklat yang diajarkan yang diindikasikan dengan kualifikasi, pengalaman dan keahlian mengajar pada Diklat Prajabatan Golongan III.
 
  1. Penceramah
Pengajar Diklat Prajabatan Golongan III, terdiri dari:
  • - Widyaiswara/Pegawai lainnya
Pengajar pada Diklat Prajabatan Golongan III adalah widyaiswara adalah widyaiswara atau pegawai lainnya yang memilki sertifikat kompetensi untuk mengajar pada Diklat Prajabatan Golongan III.
  • - Penguji
Penguji adalah tenaga pengajar yang memiliki kompetensi untuk: Menyiapkan, mengawasi dan memberikan penilaian pada evaluasi pemahaman.
  • Memberikan penilaian pada evaluasi rancangan aktualisasi dan evaluasi aktualisasi nilai-nilai dasar PNS di tempat kerja/magang.
  • - Pembimbing
Pembimbing adalah tenaga pengajar yang memiliki kompetensi untuk memfasilitasi pembelajaran aktualisasi nilai-nilai dasar PNS di tempat kerja/magang. Pembimbing terdiri dari:
  1. Coach
Coach adalah widyaiswara/pegawai lainnya pada Lembaga Penyelenggara Diklat Pemerintah Terakreditasi yang memiliki kompetensi dalam menggali potensi peserta untuk melaksanakan tahap pembelajaran aktualisasi.
  1. Mentor
Mentor adalah atasan langsung peserta atau pegawai lainnya yang ditunjuk oleh Pejabat Pembina Kepegawaian instansi peserta sebagai mentor yang memiliki kompetensi dalam memberikan dukungan, bimbingan dan masukan/arahan kepada peserta untuk melaksanakan tahap pembelajaran aktualisasi.
TAHUN 2015
Kurikulum

Diklat Prajabatan Golongan III dilaksanakan selama 33 hari kerja atau 319 Jam Pelajaran (JP), terdiri dari 18 hari kerja (159 JP) klasikal, dan 15 hari Kerja (160 JP) aktualisasi nilai dasar PNS. Adapun gambaran umum materi dan jadwalnya sebagai berikut:

prajabgol3
Golongan III
Golongan III
Golongan-III.rar
833.3 KiB
317 Downloads
Details
Follow PPMKP :

E-Government

Menu Diklat

Facebook

Berita