Diklat Multimedia

Diklat Multimedia Pertanian adalah pendidikan dan latihan yang diperuntukkan bagi PNS dan non PNS yang diarahkan pada pembuatan media komunikasi pertanian, baik yang sifatnya visual, audio, maupun audio visual. Media komunikasi tersebut merupakan sarana informasi, promosi, edukasi pertanian yang bisa disebarluaskan kepada masyarakat, sesuai dengan karakteristik budaya, wilayah dan kebutuhan.

Dasar Hukum

Dasar hukum penyelenggaraan diklat tersebut, adalah :

1. Undang-Undang No. 16 Tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan;
2. Keputusan Presiden RI No. 24 Tahun 2010 jis, tentang Kedudukan, Tugas, Fungsi, Susunan Organisasi, dan Tata Kerja Eselon I Kementerian Negara RI;
3. Peraturan Menteri Pertanian No. 14/Permentan/OT.140/2/2007, tentang Organisasi dan Tata Kerja Pusat Pelatihan Manajemen Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) Ciawi-Bogor;
4. Peraturan Menteri Pertanian No. 61/Permentan/OT.140/10/2010, tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pertanian.

Metode

Metode dalam Diklat Multimedia Pertanian menggunakan pendekatan prinsip belajar orang dewasa (andragogi). Peserta dipacu untuk berpartisipasi secara aktif melalui kegiatan:

1.     Ceramah

2.     Diskusi

3.     Penugasan

4.     Latihan

5.     Simulasi

6.     Praktik

Nara Sumber dan Fasilitator

Nara Sumber dan fasilitor yang terlibat dalam diklat multimedia pertanian adalah widyaiswara PPMKP, fasilitator dari Pusat Penyuluhan Pertanian, Pusat Pelatihan Pertanian dan para praktisi yang profesional dan kompeten di bidangnya.

Jenis Diklat

Jenis Diklat Multimedia Pertanian yang diselenggarakan di PPMKP, diantaranya:

1.    Diklat Pembuatan Karya Tulis Ilmiah Populer

2.    Diklat Media Tercetak

3.    Diklat Audio Visual

4.    Diklat Alat Bantu Presentasi

5.    Diklat Pembuatan Display Pameran

6.    Diklat Pembuatan Weblog Berbasis Website

Follow PPMKP :

Menu Diklat

Facebook

Berita