Dorong Angka Serapan, Kapus PPMKP Sambangi Bulog Sub Divre Cianjur

Cianjur–Dalam rangka koordinasi, silaturahmi dan mendorong serapan gabah dan beras oleh Bulog Sub Divre Cianjur, Kepala Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) Heri Suliyanto, melakukan kunjungan ke kantor Bulog Sub Divre Cianjur di Cianjur Jawa Barat (1/11).  Kunjungan Kepala PPMKP selaku Koordinator Sergap Sub Divre Cianjur ini diterima Kepala Bulog Sub Divre Cianjur, Komariah yang didampingi  Kepala Seksi Pengadaan, Dedi Prayoga.

Dalam kunjungan tersebut, Heri menyampaikan dorongannya agar Bulog semakin aktif menyerap gabah dari petani yang ada di wilayahnya. “Kita dorong serapan gabah dan beras oleh Bulog untuk mencapai target yang sudah ditentukan,” ujar Heri.

Bulog Sub Divre Cianjur yang bertugas menyerap gabah/beras  petani di  enam wilayah yakni Kabupaten/Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten/Kota Sukabumi dan Kabupaten Cianjur, hingga pertengahan November ini,  telah berhasil menyerap 48,601 ton  GKP  atau setara 23,327  ton beras. Serapan ini baru mencapai 77,76 % dari target penyerapan tahun ini yang mencapai 30,000 ton  GKP.

Dengan sisa target sekitar 13,899 ton GKP atau  22,24%  hingga Desember 2017, Heri optimis Bulog Sub Divre Cianjur bisa mengoptimalkan upayanya dalam memenuhi target yang yang telah ditetapkan. “Bulog Sub Divre Cianjur  masih harus mengejar sisa target serapan agar bisa mencapai target”, ujar Heri

Sementara itu menanggapi  tantangan ini Kepala Bulog Sub Divre Cianjur, Komariah menyampaikan pihaknya optimis bisa memenuhi target yang sudah ditetapkan dengan upaya jemput bola serap beras yang dilakukan Satker Bulog.

Dijelaskan Komariah, Bulog Sub Divre Cianjur  gudang-gudang beras yang tersebar di beberapa lokasi  yakni di Cianjur dua gudang, Sukabumi dua gudang dan Bogor satu gudang. Masing-masing Gudang tersebut sudah memiliki mitra penggilingan padi dan Satker.

“Gudang beras di Sukabumi saja memiliki 12 mitra, yang secara rutin memasok beras ke Bulog”, jelasnya.

Dijelaskan pula mitra-mitra tersebut melakukan kontrak kerjasama dengan Bulog yang diperbarui setiap dibutuhkan dan penerapan system denda bagi mitra yang tidak dapat memenuhi target.

Selesai kunjungan ke Kantor Bulog Kepala PPMKP melanjutkan kunjungan ke PB. Hasil Rakyat Desa,  salah satu mitra Bulog yang berada di Kampung Maleber, Kecamatan Leles, Kabupaten Cianjur didampingi Kasie Pengadaan Bulog Dedi Prayoga. ***(Tata Sukmara; ed:mnh)

Follow PPMKP :

Berita

Facebook

Menu Diklat