Kepala PPMKP Buka Latsar CPNS Angkatan 15, 16 dan 17

Ciawi (25/06/2018)—Untuk sekian kalinya Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepeminpinan Pertanian (PPMKP) dipercaya untuk menyelenggarakan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Non Kementerian Pertanian. Dalam penyelenggaraan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Non Kementerian ini beberapa Kementarian/Lembaga memepercayakan diklat dan bekerjasama dengan PPMKP diantaranya Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPP Dan PA), Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan, Keamanan Republik Indonesia (Kemenko Pohulkam RI), Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) sebanyak 120 orang yang terbagi dalam tiga angkatan yaitu angkatan XV, XVI dan XVII .

Pembukaan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Non Kementerian Pertanian ini dibuka langsung oleh Kepala Pusat PMKP Ir. Heri Suliyanto, MBA dan dihadiri para pejabat struktural dan fungsional PPMKP, dan tamu undangan. Dalam pembukaan tersebut Heri menjelaskan bahwa diklat ini beda dengan diklat yang sebelumnya atau berbeda dengan diklat sebelum zaman milenial dimana CPNS diberi kesempatan 1 tahun untuk menjadi PNS dan apabila gagal kerugian tidak hanya dialami oleh CPNS itu sendiri melainkan juga lembaga dimana untuk mengusulkan formasi PNS juga tidak mudah, dan hal terbut sesuai dengan peraturan terbaru sesuai amanat UU ASN No 5 Tahun 2014 dan Peraturan Pemerintah No. 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Aparatur Sipil Negara. Sehingga dalam arahan pembukaan tersebut heri memohon untuk keseriusan dan fokus para peserta dalam mengikuti pelatihan dasar dimana akan ada sistem skoring atau penilaian semacam ujian disetiap kegiatan maupun tugas yang harus diikuti dan dilaksanakan selama pelatihan dasar.

Pelatihan dasar ini sendiri terdiri dari pelatihan klasikal dan non klasikal yang akan berlangsung di kelas selama 33 hari dan di tempat kerja atau instansi masing-masing selama 80 hari untuk melaksanakan aktualisasi/habituasi sesuai dengan materi yang telah didapat selama pemberlajaran di kelas, sehingga total masa diklat CPNS Golongan III adalah 113 hari, hal tersebut yang akan dimulai mulai tanggal 24 Juni 2018 – 07 November 2018.

Lebih lanjut, CPNS tahun ini sangat istimewa dikarenakan penerimaan CPNS saat ini benar-benar pilihan dan merupakan agen pembaharuan pemersatu bangsa dan presiden memberikan pengarahan langsung dalam hal tersebut hingga presiden memberikan pembekalan langsung kepada para CPNS guna menuju world class bureaucracy pada tahun 2025 yang waktunya tidak lama lagi sehingga diharapkan para CPNS ini nantinya dapat menjadi birokrat-birokrat yang handal, setara dan dapat bersaing dengan birokrat luar negeri. Besarnya perhatian kepada CPNS diharapkan para peserta harus fokus, serius serta menciptakan suasana yang santai dan enjoy selama pelatihan berlangsung.

Diakhir pidato pembukaan yang disampaikan oleh Heri, para peserta pelatihan dasar ditantang untung membuat suatu memorabilia. Dimana memorabilia ini merupakan taman yang berada dilingkungan PPMKP Ciawi, para peserta ditantang untuk menanam apa saja sehingga nanti dapat dijadikan suatu ajang kenangan kelak ketika pelatihan dasar tersebut sudah selesai, mengingat kawasan PPMKP merupakan kawasan wisata puncak. * (dea; ed: mnh)

Berita

Facebook

Menu Diklat