Kepala Biro OK Tutup Diklatpim IV Angkatan XIII

Ciawi—Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Kementerian Pertanian, Abdul Halim menutup secara resmi Pendidikan dan Latihan Kepemimpinan Tingkat IV (Diklatpim IV) Angkatan XIII di Komplek Bumi, Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP), Ciawi, Jum’at (29/6).

Abdul Halim yang didampingi Kepala PPMKP, Heri Suliyanto, dalam amanatnya meminta alumni Diklatpim IV Angkatan XIII menunjukkan kualitasnya sebagai pemimpin. Alumni Diklatpim harus bisa menjadi role model di instansinya masing-masing. “Sebagai model, kita memperlihatkan kepada pegawai lain bahwa kita bisa menjadi contoh. Kita harus memantaskan diri kita untuk menjadi pejabat eselon IV, III atau bahkan II,” paparnya.

Setelah mengikuti Diklatpim, lanjut Halim, para alumni dituntut pula untuk bisa menunjukkan hasil diklatnya dalam aktivitas kesehariannya. Proyek perubahan yang menjadi salah satu output kegiatan dalam Diklatpim harus didorong pemanfaatannya agar memberikan dampak yang positif bagi pelaksanaan tugas di instansinya.

Halim juga berpesan kepada alumni Diklatpim untuk terus menjalin komunikasi dan kerja sama. Memanfaatkan jejaring yang sudah terbangun sebagai bagian dari upaya pembalajaran dan sharing informasi. “Kita tidak boleh sungkan untuk bertanya mengenai pekerjaan. Kita tidak boleh sombong-sombong dengan orang lain. Jangan komunikasi hanya dikelas saja, tapi saat bekerja masing-masing,” tambah Halim.

Kepada PPMKP sebagai institusi pelaksana Diklat, Halim meminta untuk memantau perkembangan para alumni dari Diklatpim. “Kepada PPMKP Ciawi, bisa tidak memantau apa perubahan-perubahan yang telah mereka lakukan secara berkelanjutan tidak hanya saat ini saja. Sampai sejauh mana perkembangannya,” ucapnya.

Sebelumnya, peserta Dilatpim yang diikuti 40 pejabat dan calon pejabat eselon IV tersebut telah dinyatakan lulus setelah mengikuti serangkaian kegiatan sejak 11 Februari lalu. Ada lima tahapan yang dilalui peserta yakni tahap diagnosa kebutuhan kebutuhan perubahan yang menjadi tahap paling awal.

Tahap berikutnya adalah tahap taking ownership, yang dilanjutkan dengan tahap merancang proyek perubahan dan membangun tim sebagai tahap ketiga. Tahap keempat dari agenda Diklatpim adalah tahap laboratorium kepemimpinan yang kemudian diakhiri tahap evaluasi. *** (mnh, lap: dera)

Berita

Facebook

Menu Diklat